Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Antisipasi Cuaca Ekstrim, Pemkab Tabanan Gelar Apel Pasukan

(Istimewa)

TABANAN  - Bupati Tabanan dalam hal ini diwakili oleh Sekda I Gede Susila, pimpin Apel Gelar Pasukan Perlengkapan/Sapras dalam mengantisipasi cuaca ekstrim yang dilaksanakan di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan, Senin pagi (6/12). 

Apel gelar pasukan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab Pemerintah atas keselamatan masyarakatnya dan pemerintah harus hadir dalam menjaga amanat penderitaan rakyat. Turut hadir saat itu, Kapolres Tabanan, Dandim 1619 Tabanan, KasatpolPP, Kalak BPBD dan OPD terkait.

Dalam sambutan Bupati Tabanan yang dibacakan Sekda I Gede Susila, mengatakan bahwa Apel gelar pasukan ini perlu dilakukan. Mengingat, beberapa hari belakangan ini wilayah Tabanan sedang dilanda perubahan cuaca yang cukup ekstrim dan terjadi curah hujan yang tinggi disertai angin kencang yang berlangsung dalam intensitas di atas normal. 

Kabupaten Tabanan memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis dan demografis yang memungkinkan terjadinya bencana, baik yang disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam, maupun faktor manusia. Apabila kondisi ini tidak diantisipasi, dapat menyebabkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan , kerugian harta benda dan dampak psikologis yang dalam keadaan tertentu dapat menghambat pembangunan.

“Seperti yang kita ketahui bencana alam tidak dapat kita prediksi, namun kita bisa antisipasi guna mencegah dampak-dampak yang mungkin akan ditimbulkan. Untuk itu, diperlukan sinergitas semua pihak guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana” pintanya. 

Susila menambahkan, Apel Gelar Pasukan Perlengkapan/Sapras ini diharapkan dapat dijadikan alat untuk mengukur kewaspadaan masyarakat, kesiapsiagaan diri maupun perlengkapan sapras yang harus disiapkan untuk keselamatan masyarakat Tabanan. Sehingga kedepannya mampu mempersiapkan mental dan fisik dalam menghadapi penanggulangan bencana alam.

Senada dengan Sekda Susila, Kapolres Tabanan AKPB Ranefli Dian Candra, S.I.K., M.H, dan Dandim 1619 Tabanan Letkol Inf Ferry Adianto S.I.P. mengatakan apel gelar pasukan perlengkapan sangat tepat dilakukan sebagai upaya antisipasi di situasi cuaca sekarang yang ekstrim. 

“Kita, Kapolres dan Dandim selalu bersinergi, bekerjasama untuk untuk mengantisipasi bencana yang akan timbul di suasana cuaca yang ekstrim ini dan berharap dapat meminimalisir dampak dari bencana tersebut,” imbuh Kapolres Tabanan. (Tim/LB1)

Komentar