Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Putri Koster Ungkap Syukur dan Bangga Ajang PKB Tingkatkan Penjualan IKM

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster. (Ist)

DENPASAR – Putri Suastini Koster yang merupakan Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Provinsi Bali mengungkapkan rasa syukur dan bangga karena ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) mampu meningkatkan hasil penjualan IKM yang mengikuti pameran.

Hal itu diungkapkan Putri Suastini Koster saat menghadiri dan menberikan arahan dalam acara fashion show perangkat daerah bertempat di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya, Denpasar, Sabtu (2/7/2022) malam.

Mengawali arahannya, Ny. Putri Koster menyampaikan rasa bangga sekaligus syukur karena memasuki minggu ketiga PKB, omzet IKM yang berpameran sudah tembus 6 milyar 70 juta.

“Ini tentu kabar yang menggembirakan. Kita beranjak dari pandemi, karena IKM kita yang paling terdampak oleh pandemi Covid-19,” jelasnya.

Ia mengakui bahwa PKB yang sempat tidak dilaksanakan selama 2 tahun, menjadi magnet sendiri bagi pengunjung yang berujung ke pembelian produk IKM Bali.

Bahkan berbeda dengan sebelumnya, pameran kali ini juga menghadirkan karya-karya para designpreneur yang terpilih.

“Karya-karya kelima pemenang designpreneur kita sudah dipamerkan. Ini kebanggaan juga karena kita sudah berhasil menemukan talenta-talenta yang akan meneruskan warisan leluhur kita,” imbuhnya.

Lebih jauh, wanita yang akrab dipanggil Bunda Putri ini menyampaikan bahwa kegiatan fashion show ini merupakan bentuk dukungan nyata dari para ASN di lingkungan Pemprov Bali terhadap para perajin dengan membeli sekaligus memakai produk produk kerajinan IKM yang dipamerkan di Pameran IKM Bali Bangkit baik itu berupa kain tenun endek maupun aksesoris.

Penampilan para ASN yang berlenggak lenggok di atas panggung bak peragawan peragawati dengan apik membawakan pakaian berbahan kain tenun endek baik dalam balutan busana adat ke kantor maupun busana kerja sehari-hari.

Hal ini di satu sisi memberikan suasana berbeda bagi para ASN yang biasanya hanya duduk di belakang meja namun kini tampil di atas panggung, dan di sisi lain penampilan peragaan busana ini juga berdampak pada meningkatnya penjualan dan membuat para perajin bergeliat dan bersemangat untuk terus menghasilkan karya-karya terbaik mereka.

Untuk itu, Bunda Putri ini berharap dukungan dan kerjasama semua pihak agar pameran ini dapat terus berjalan dan bisa mencapai tujuannya yaitu meningkatkan kesejahteraan para perajin. Tidak hanya itu, dengan digelarnya pameran ini, Bunda Putri juga berharap para konsumen bisa mendapatkan produk produk kerajinan yang asli dan berkualitas dengan harga pantas.

Pameran ini juga sekaligus mendidik para perajin untuk menyadari tanggung jawabnya sebagai pelestari sekaligus pengembang dari warisan leluhur nenek moyang dan bukan bisnis semata

Pada bagian lain, pendamping orang nomor satu di Bali ini juga mengajak semua pihak untuk turut mendukung gerakan bangga dan membeli produk lokal. Karena dengan bangga akan produk lokal juga menjadi langkah kita dalam penguatan ekonomi Bali.

Wanita yang dikenal sebagai seniman multitalenta ini juga mengingatkan selain kain tenun endek, Bali juga sangat terkenal dengan aksesoris berbahan emas ataupun perak. Namun belakangan banyak diproduksi perhiasan yang berbahan alpaka,yg kualitasnya sangat jauh dari bahan emas dan perak.

Untuk itu, Bunda Putri mengajak kita kembali menggunakan aksesoris berbahan emas dan perak, sehingga kita bisa mempertahankan kualitas dari aksesoris kita.

Bunda Putri juga menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan pameran tidak hanya semata mata untuk berdagang atau menjual produk IKM tetapi lebih kepada wahana atau tempat untuk mengedukasi, mengawasi, membimbing dan mengarahkan para perajin sesuai dengan tugas dari Dekranasda untuk mengawasi situasi karya kerajinan di Provinsi Bali agar jangan sampai hilang, jangan sampai jatuh dan tidak terpelihara.

Di akhir arahannya, Ny.Putri Koster mengajak kita bersama sama untuk membeli kain dan memakai kain tenun sehingga pasar menggeliat, produksi terangkat dan para generasi muda kita sebagai penerus warisan leluhur mau menenun kembali.

Kita gelorakan semangat 'Dari Bali, Oleh Bali, Untuk dunia', sehingga kita bersama akan sejahtera.

Fashion Show pada malam itu menampilkan pegawai-pegawai Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali serta Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Bali. (Tim/LB1)

Komentar