Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Semarak Idul Adha 1443 H Perumnas Bukit Sanggulan Indah, Jamaah Sholat Membludak hingga ke Jalan Raya

(ist)

TABANAN– Jamaah Sholat Idul Adha 1443 Hijriah di kawasan perumahan Bukit Sanggulan Indah (BSI) membludak hingga ke jalan raya saat sembahyang di Masjid Al Muhajjirin pada Minggu, 10 Juli 2022.

Hal itu terlihat saat perayaan Sholat Idul Adha hingga meluber ke jalan yang ada di depan dan selatan masjid.

Sebagian besar jamaah yang sholat di luar masjid merupakan kaum wanita. Sedangkan kaum laki-laki sholat di dalam masjid di lantai satu dan dua serta sebagaian kecil sholat di jalan yang ada di depan masjid.

Meski kapasitas Masjid Al Muhajjirin cukup luas, namun diperkirakan sedikitnya sekitar 2 ribu lebih jamaah tumpah ruah mengikuti acara sholat Idul Adha.

Meski demikian, pihak panitia sudah mengantisipasi membludaknya jamaah sholah Idul Adha. 

“Meski jumlah jamaah meluber, pelaksanaan sholat tetap bisa berjalan lancar,” katanya.

Ustad Arifin yang menjadi khatib Sholat Idul Adha di Masjid Al Muhajrin dalam khotbahnya seusai Sholat mengupas banyak hal tentang latar belakang, hikmah dan manfaat qurban. “Bagi muslim, qurban merupakan perintah Allah SWT yang memiliki banyak manfaat. Oleh karena itu, bagi sudara muslim yang mampu segeralah berkorban , mumpung masih ada waktu,” pintanya.

Hewan qurban di Masjid Al Muhajirin pada tahun ini menurut Ketua PHBI Masjid Al Muhajrin Rahmad Basuki berupa sapi sejumlah 11 ekor dan kambing 22 ekor.

”Kami menyampaikan terima kasih kepada warga masyarakat termasuk Bapak Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya dan Anggota Komisi VIII DPR RI Bapak IGN Kesuma Alit Kelakan yang telah mempercayakan dan menyerahkan hewan qurban kepada kami,” katanya.

Berdasarkan pantauan, jumlah hewan qurban di Perumnas tahun ini mengalami penurunan dibanding tahun lalu yang jumlah hewan qurban sapi 13 ekor dan kambing 21 ekor. Terkait hal ini, Ketua RWM Perumnas BSI Eko Sulistiono menduga karena tahun ini banyak warga Perumnas BSI yang pulang merayakan Idul Adha dan melaksanakan qurban di kampung.

“Berkurangnya jumlah hewan qurban mungkin karena warganya banyak yang pulang dan berqurban di kampung. Selain itu, tahun ini kami juga tidak mengontak warga yang dulu pernah berqurban di Masjid Al Muhajrin seperti yang kami lakukan di tahun-tahun sebelumnya,” katanya menduga

Penurunan jumlah hewan Qurban juga terjadi di Gedung Dakwah Muhammadiyah (GDM) Tabanan yang jamaah dan simpatisannya melaksanakan sholat Idul Adha di Lapangan Alit Saputra, Sabtu (9/7/2022)

Jumlah hewan Qurban di GDM Tabanan tahun ini berupa sapi 12 ekor dan kambing 12 ekor. Sementara tahun lalu jumlah hewan qurban sapi 13 ekor dan kambing 10 ekor.

“10 ekor sapi didistribusikan di GDM dan 2 ekor sapi didistribusikan di kelompok jamaah,” ujar Budi Ratsongko, salah seorang panitia qurban di GDM Tabanan. (Tim/LB1)

Komentar