Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tuntaskan Pembangunan Stadion Amlapura, Bupati Gede Dana Lakukan Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Tribune

(Ist)

KARANGASEM - Bupati Karangasem, I Gede Dana memastikan pembangunan Stadion Amlapura akan segera berlangsung dalam waktu dekat, bahkan Kamis (8/7/2022) Bupati Gede Dana, didampingi Wabup Wayan Artha Dipa, Kapolres, Dandim, Sekda Karangasem dan anggota Forkopimda lainnya, melakukan peletakkan batu pertama proyek pembangunan tribune yang merupakan kelanjutan dari tahapan pembangunan stadion yang pembangunan awalnya telah dimulai sejak Tahun 2012 lalu tersebut.

Bupati Gede Dana menyampaikan, pihaknya berkomitmen untuk menuntaskan pembangunan Stadion Amlapura yang memang dilaksanakan secara bertahap. “Tinggal pembangunan tribune dan pengadaan sarana dan prasarana, seperti bangunan tempat penonton, kantor sekretariat dan sarana lainnya termasauk ruang ganti pemain. Tapi sementara untuk tahap kali ini yakni pembangunan tribune,” tegas Gede Dana.

Pihaknya optimis kendati dengan keterbatasan anggaran, secara bertahap namun pasti pembangunan Stadion Amlapura pasti bisa dituntaskan sehingga Kabupaten Karangasem bisa segera memiliki stadion yang menjadi kebanggaan masyarakat, serta bisa menjadi tempat berlangsungnya laga sepakbola Nasional.

"Saya meminta kepada Dinas PU untuk terus mengawasi pelaksanaan proyek pembangunan stadion ini, agar sesuai dengan Bestek dan bisa selesai tepat waktu sesuai dengan jadwal," tegasnya, sembari meminta agar konsultan pengawas bisa terus berada dilapangan melakukan pengawasan.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Kadsdikpora) I Wayan Sutrisna dalam kesempatan tersebut menyampaikan, sebelum mengawali pelaksanaan pembangunan, pihaknya sudah melaksanakan Sosialisasi Kegiatan pada hari Kamis tanggal 7 Juli 2022 yang dihadiri Perwakilan Dandim 1623 Karangasem, Perwakilan Camat Karangasem, Perwakilan Lurah Subagan, Lurah Padangkerta, Lurah Karangasem, Perwakilan Kepala Desa Bungaya Kangin, Kelian Desa Adat Padangkerta, Perwakilan SMKN 1 Amlapura, dan Kontraktor.

“Pada kegiatan sosialisasi tersebut, secara umum mendukung secara penuh pembangunan Tribun Stadion Amlapura, karena meningkatkan sarana dan prasarana olahraga di Kebupaten Karangasem,” ujar Sutrisna.

Pembangunan Tribun Stadion Amlapura sendiri lanjut dia, dilaksanakan dengan Nilai Kontrak Rp. 13.9 Milyar, yang dilaksanakan oleh PT. Rhino Perkasa PT. Bripona Jaya Abadi-CV. Dewata Karya Sejahtera, KSO. Pelaksanaan pembangunan ini dilaksanakan mulai tanggal 27 Juni 2022dan diharapkan selesai tanggal 13 Desember 2022 atau selama 170 hari kalender.

Pembangunan Tribun Stadion Amlapura pada tahun ini, direncanakan berkapasitas 1.000 penonton dengan panjang bangunan 48 meter dan lebar bangunan 16,25 meter, dengan ruang dibawah tribun dimanfaatkan sebagai ruang penunjang pemain dan kebutuhan lainnya.

Pembangunan Stadion Amlapura dimulai dari Tahun 2012 dengan pematangan ilahan, dilanjutkan dengan pembangunan lapangan sepak bola tahun 2013, kemudian dilanjutkan dengan pembangunan lintasan atletik tahun 2017, serta pada tahun 2021 diusulkan permohonan anggaran ke Provinsi Bali melalui Dana BKK untuk melanjutkan pembangunan di Stadion Amlapura.

Maka pada tahun 2022, dengan dukungan semua pihak, pembangunan lanjutan untuk Stadion Amlapura mendapat dana BKK Provinsi Bali sebesar Rp.16.08 Milyar sesuai pada Keputusan Gubernur Bali Nomor 13/03-Q/HK/2022 Tentang Penerima Bantuan Keuangan Khusus Pada Kabupaten Bangli, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Karangasem dan Kabupaten Tabanan, Tanggal 12 April 2022, dimana Pembangunan lanjutan Stadion yang Tertuang pada SK adalah Pembangunan Tribun Stadion Amlapura. (Tim/LB2)

Komentar