Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Gantikan Patung Bung Karno, Patung Whisnu Murti Siap Hiasi Sudut Kota Tabanan

Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya dan Ketua DPRD Tabanan, I Made Dirga saat tatap muka dengan awak Pewarta sekaligus meninjau lokasi patung Bung Karno di taman Bung Karno Tabanan Bali, Kamia 1 September 2022.

TABANAN – Patung Whisnu Murti siap akan menghiasi sudut kota Tabanan yang sejak beberapa tahun lalu digantikan patung ikonik Bung Karno di kawasan perempatan Kediri, jalan By Pas Sukarno Kediri Tabanan.

Pengerjaan proyek pembangunan patung Whisnu Murti tersebut akan dimulai awal bulan September ini dan ditarget rampung sebelum Hari Ulang Tahun Kota Tabanan atau 29 November 2022 mendatang.

Pembangunan patung seni budaya itu akan didahului upaya merelokasi patung ikonik Bung Karno ke kawasan Taman Bung Karno dalam upayanya menata wajah kota Tabanan agar semakin cantik dan asri.

Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya menegaskan jika pemindahan itu sudah sesuai tander sekaligus merupakan program akhir tahun agar pembangunan di segala lini tuntas.

“Tidak ada yang ditutupi dan saya sampaikan tidak ada nuansa politik terkait pemindahan ini, hanya saja masyarakat umum selalu mengkaitkan dengan masalah politik,” ungkap Sanjaya dalam kesempatan tatap muka dengan awak media Pewarta di Gedung Mario pada Kamis, 1 September 2022.

Pembangunan patung Whisnu Murti ungkapnya, sekaligus bentuk aspirasi masyarakat Tabanan. Hal ini pun telah didukung oleh semua fraksi di DPR Tabanan yang sebelumnya telah menyerap aspirasi masyarakat.

Tampa melihat ke belakang lagi, aspirasi masyarakat Tabanan ini sejalan dengan misi upaya pembangunan pemerintah Kabupaten Tabanan dalam upayanya mewujudkan pembangunan skala niskala perwujudan Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

“Pembangunan tetap harus jalan, dan meski dimasa pandemi Covid-19, pemerintah sudah membuktikan diri telah membangun infrastruktur jalan hingga 95 persen menuju Tabanan yang madani dan unggul,” tegasnya.

Pembangunan patung seni budaya Whisnu Murti tersebut telah melewati diskusi yang panjang dan merupakan upaya pelestarian adat seni dan budaya serta memiliki nilai spiritual bagi masyarakat Tabanan.

“Pembangunan ini sudah mendapat restu dari Gubernur dimana sebelummya Majlis utama Desa Adat Kediri telah melakukan pertemuan dan meminta agar pembangungan patung Whisnu Murti dibangun dengan sebaik-baiknya,” ungkap Ketua DPC PDI Perjuangan itu.

Rencana pemindahan patung Bung Karno sendiri akan dilakukan secara bertahan menuju lokasi Taman Bung Karno di tengag Kota Tabanan.

Pemindahan akan melibatkan tim teknisi pematung dan seniman Nyoman Nuartha sebab memerlukan keahlian khusus karena patung Bung Karno terbuat dari bahan perunggu.

Cuma saja, rencana pemindahan Bung Karno dan pengerjaan patung Whisnu Murti akan sedikit menggangu ruas jalan di lokasi kawasan patung di bilangan kawasan Jalan By Pass Sukarno Kediri, dan hal ini akan menjadi perhatian dan kordinasi pihak  Kepolisian dan jajaran Dinas Perhubungan Kota Tabanan.

Patung Whisnu Murti nantinya akan dibangun oleh seniman patung asal Tabanan, I Made Sudarwa dengan total biaya Rp1. 1 Milyar bersumber dari dana APBD Kabupaten Tabanan tahun 2022.

Sejalan dengan pembangunan patung Wisnu Murti dan relokasi patung Bung Karno, Pemkab Tabanan akan melakukan penataan Ruang Terbuka Hijau Alit Saputra dan merupakan program aspirasi masyarakat yang diserap dan ditetapkan ke dalam APBD anggaran tahun 2022.

“Selain pembangunan Patung Wisnu Murti dan pemindahan patung Bung Karno ke Taman Bung Karno juga akan dilakukan penataan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Alit Saputra sebagai tempat masyarakat melaksanakan kegiatan berkreatifitas dalam seni maupun olahraga,” lanjut Sanjaya.

 Di Taman Bung Karno, nantinya akan dibangun beberapa jenis penataan bangunan di sekitar patung tersebut, seperti kolam dan gazebo.

Dan penempatan Patung Bung Karno di sini telah mempertimbangkan estetika dan etika taman yang mudah-mudahan menjadi ikon dan kebanggaan Kabupaten Tabanan sekaligus kado HUT Kota ke 29 bagi Masyarakat Tabanan. (Tim/LB1)

Komentar