Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Rayakan HUT ke-8, Pewarta dan Komunitas Kuliner Tabanan Bantu Korban Bencana Alam Tabanan

(Ist)

TABANAN – Persatuan Wartawan Tabanan (Pewarta) bersama komunitas kuliner Tabanan melakukan aksi sosial dengan berbagi di sejumlah titik lokasi bencana alam di Kabupaten Tabanan.

Aksi yang digelar pada Jumat, 28 Oktober 2022 itu digelar serangkaian perayaan HUT Pewarta ke-8 dan dikuti sejumlah awak media yang tergabunng dalam paguyuban wartawan Tabanan tersebut.

Acara yang turut didukung oleh komunitas kuliner seperti Warung Paon Moyo, Paon D’Jero, Paon Byang Alit, Paon Sri Amerta dan Warung De Alus dilakukan di dua titik lokasi dengan penyerahan bantuan kepada keluarga korban bencana alam yang meninggal dunia di Desa Apuan, Kecamatan Baturiti, Tabanan. 

Pertama memberikan santunan kepada keluarga korban bencana tanah longsor di Desa Apuan, Kecamatan Baturiti. Aksi kedua memberikan bantuan  atas bencana banjir bandang yang menghancurkan penyengker Pura Beji di Banjar Bongan Gede, Kecamatan Tabanan. 

Rombongan Pewarta dengan perwakilan Komunitas Kuliner Tabanan tiba sekitar pukul 10.15 di lokasi pertama yakni di Banjar Apuan Desa Apuan, Kecamatan Baturiti. 

Ni Made Ayu Marwati – ibu dari korban yang meninggal tertimpa tanah longsor I Putu Aldi Prayoga (11) pelajar kelas VI SD , menyambut kedatangan Pewarta dan Komunitas Kuliner Tabanan.  Ayu Marwati yang didampingi kerabat dan bibik nya mempersilahkan duduk di bale gede. 

Sebelum menyerahkan bantuan Ketua Pewarta I Made Donny Darmawan menyampaikan tujuan kedatangan Pewarta  bersama Komunitas Kuliner Tabanan adalah untuk berbagi dan meringankan beban dari keluarga korban bencana.

“Jangan dilihat besaranya nilainya karena kami rasa sangat kecil namun lihatnya makna dari bantuan kami dari Pewarta dan Komunitas Kuliner Tabanan,” jelas Donny. 

Hal senada diungkapkan oleh Perwakilan dari Komunias Kuliner Tabanan Warung Paon Moyo. Bantuan yang diserahkan berupa uang tunai dari hasil menggalang bazar yang digelar selama dua hari oleh Komunitas Kuliner Tabanan.

“Hasil keuntungan berjualan bazar itu kami kumpulkan dan kami serahkan untuk ibu bersama keluarga yang sedang ditimpa bencana,” jelasnya. 

Bantuan berupa santunan dana kemudian diserahkan oleh Perwakilan Komunitas Kuliner Tabanan Paon Moyo sebesar Rp 2 Juta yang diterima oleh   Ayu Marwati. Setelah itu Ketua Pewarta I Made Donny Darmawan juga menyerakan santunan dana sebesar Rp 2 Juta yang bersumber dari Kas Pewarta. 

Ayu Marwati mengucapkan terimakasih atas kepedulian Pewarta dan Komunitas Kuliner Tabanan. “Atas nama keluarga kami ucapkan terimakasih bantuan yang diberikan kepada kami,” jelasnya. 
Ia pun menceritakan  tanah longsor terjadi pagi hari sekitar jam 06.20 hari Senin tanggal 17 Oktober 2022 lalu.

“Saya dan anak kedua saat tertidur sempat ditarik suami saat terjadi tanah longsor. Sedangkan anak pertama saya Aldi Prayoga tidak terselamatkan karena sudah tertimbun tanah longsor,” ujar Ni Made Ayu Marwati, ibu korban saat menerima kunjungan Pewarta.

Menurut Ni Made Ayu Marwati, kejadian tanah longsor tersebut terjadi secara tiba-tiba saat hujan deras turun. Tiba-tiba saja rumah yang telah ditempatinya selama lima tahun di pondok tersebut tertimbun tanah longsor yang mengakibatkan anak pertamanya berumur 11 tahun duduk di kelas 6 SD tersebut menjadi korban.

“Sekarang saya tinggal di bibik saya,” tambahnya.

Kunjungan kedua dilakukan Pewarta dengan berkunjung ke lokasi Pura Beji di Bongan Gede, Desa Bongan Kecamatan Tabanan yang mengalami sejumlah kerusakan akibat diterjang banjir bandang, 
Kelihan Adat Banjar Bongan Gede, I Komang Suparman mengucapkan terimakasi atat bantuan yang diberikan oleh Pewarta.

“Kami atas nama Banja Adat Bongan Gede mengucapkan terimakasih atas bantuan dari Pewarta. ***

Komentar