Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Gubernur Bali Deportasi Dua Warga Polandia, Ganggu Ketertiban Saat Nyepi

Gubernur Bali Deportasi Dua Warga Polandia, Ganggu Ketertiban Saat Nyepi

DENPASAR - Gubernur Bali Wayan Koster bertindak tegas dengan mendeportasi dua wisatawan Polandia lantaran telah mengganggu ketertiban saat perayaan Nyepi Tahun Caka 1945 22 Maret 2023 kemarin.

Pasangan wisatawan Polandia itu dinilai tidak disiplin sekaligus mencoreng citra dan kualitas pariwisata dan Budaya Bali sehingga perlu diambil sikap tegas atas perbuatan keduanya.

Sebelumnya, kedua wisatawan Polandia itu sempat berkemah di kawasan Pantai Purnama Sukawati Gianyar saat perayaan Nyepi berlangsung, sehingga memutuskan pihak pecalang setempat mengamankan mereka.
 
Pendeportasian dilakukan langsung Kanwil Kemenkumham Provinsi Bali melalui Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar terhadap 2 Warga Polandia yang masing-masing bernama: 1) Karol Grabinski (40), No. Paspor : ER3610878, dengan memiliki izin tinggal berupa Visa Kunjungan Saat Kedatangan; dan 2) Barbara Karina Waiczak (25), No. Paspor : EL3609047, dengan memiliki izin tinggal berupa Visa Kunjungan Saat Kedatangan.  

Setelah dilakukannya pemeriksaan pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, kedua Warga Polandia yang diketahui telah tiba di Indonesia pada tanggal 28 Februari 2023 melalui TPI dengan Visa on Arrival dan dinyatakan telah melanggar Pasal 75 ayat (1) UU No.6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, berkaitan dengan Orang Asing yang berada di Wilayah Indonesia yang melakukan kegiatan berbahaya dan patut diduga membahayakan keamanan dan ketertiban umum atau tidak mentaati Peraturan Perundang-Undangan dikenai Tindakan Administratif Keimigrasian berupa Deportasi dan Penangkalan. 
 
Sehingga WNA Polandia atas nama Karol Grabinski dan Barbara  Karina Waiczak secara resmi diberangkatkan tanggal 25 Maret 2023 dengan penerbangan DPS-CGK-AUH-MXP-KRK, waktu keberangkatan Pukul 17.05 WIB, dengan tujuan Denpasar – Jakarta – Abu Dhabi – Malpensa – Krakow.  
 
Gubernur Bali, Wayan Koster dalam Siaran Pers, Minggu (Redite Umanis, Menail) 26 Maret 2023 di Jayasabha, Denpasar dengan tegas menyatakan bahwa penyelenggaraan pariwisata Bali tidak boleh merendahkan harga diri Bangsa dan Negara Indonesia, serta Bali pada khususnya dalam konteks untuk menjaga Kepariwisataan Bali.

”Apabila ada tindakan yang tidak sesuai dengan norma hukum atau Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan budaya Bali khususnya, maka Saya telah berkoordinasi dengan Bapak Kapolda Bali dan Bapak Kakanwil Kemenkumham Provinsi Bali untuk melakukan tindakan tegas kepada para wisatawan atau Warga Negara Asing yang melakukan pelanggaran,” tegas Gubernur Wayan Koster. ***

Komentar