Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Dinkes Buka 4 Pos Kesehatan Selama Pujawali IBTK di Pura Agung Besakih

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali I Nyoman Gede Anom. (ist)

KARANGASEM - Dalam rangka pendukung kelancaran pelaksanaan Pujawali Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) di Pura Agung Besakih, Karangasem, panitia menyiapkan Posko Kesehatan yang telah dimulai dari tanggal 2 April 2023 sampai dengan Penyineban tanggal 26 April 2023 nanti.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali I Nyoman Gede Anom dalam keterangan persnya pada Kamis (6/4) sore, menyampaikan bahwa terdapat 4 (empat) pos kesehatan yang bisa dimanfaatkan oleh Pemedek saat Tangkil ke Pura Agung Besakih.

Pos kesehatan tersebar di (1) Posko Kedundung, terpadu dengan Kominfo dan Perhubungan. (2) Kemudian Posko Manik Mas di Pustu dekat command center. (3) Posko dekat Bencingah (ruko yang disiapkan panitia) dan (4) Posko Perantenan suci besakih.

Adapun Waktu Pelaksanaan pelayanan kesehatan yakni mulai pukul 08.00 Wita s/d 21.00 Wita. Namun khusus untuk posko di Manik Mas ada tambahan waktu pelayanan yakni 24 jam sekaligus bergabung dengan command center yang dihandle oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem melalui Call Centre 0812 3993 987.

"Tim Pelayanan Kesehatan ini terdiri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, Puskesmas, Klinik, RS Pratama 2, RSUD Kabupaten/Kota dan RS Swasta se-Bali serta Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Bali," ungkapnya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa sebanyak 200 dokter, 400 perawat serta 200 sopir ambulan siap mendukung pelayanan kesehatan selama Pujawali IBTK di Pura Agung Besakih.

"Masing-masing Shift Jaga terdapat 4 orang yang terdiri dari 1 orang dokter, 2 orang perawat dan 1 sopir dilengkapi dengan ambulance transport. Obat-obatan disediakan oleh masing-masing tim (obat emergency dan non emergency), Oksigen Statis disediakan di posko perantenan dan bencingah," imbuhnya.

Ia berharap, dengan hadirnya 4 (empat) pos kesehatan ini dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada Pemedek. ***

Komentar