Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Rai Wahyuni Sanjaya Bagikan PMT dan APE Untuk Ratusan Anak PAUD dan TK Tabanan

Bunda Paud Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya saat bagikan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) dan APE (Alat Permainan Edukatif bagi siswa pendidikan Anak Usia Dini dalam rangka Pencegahan Stunting Kabupaten Tabanan Tahun 2023 kepada anak-anak PAUD dan TK di Penebel dan Baturiti, Senin, 8 Mei 2023. (ist)

TABANAN – Kembali melanjutkan aksinya, Bunda Paud Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya bagikan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) dan APE (Alat Permainan Edukatif bagi siswa pendidikan Anak Usia Dini dalam rangka Pencegahan Stunting Kabupaten Tabanan Tahun 2023 kepada anak-anak PAUD dan TK di Penebel dan Baturiti, Senin, 8 Mei 2023. 

Aksi sosial ini tentunya sebagai langkah lanjutan dalam meningkatkan status gizi serta memastikan tumbuh kembang anak sesuai dengan usianya, sekaligus dalam upaya pencegahan stunting di Tabanan. Pemberian PMT dan APE kali ini ditargetkan menyasar 100 siswa TK Negeri Penebel dan 69 Siswa TK Negeri Baturiti. 

Pemberian Alat Permainan Edukatif berupa Tangga Tali, Perosotan dan Sudut Budaya yang diserahkan langsung oleh Bunda Rai Sanjaya. Kehadirannya saat itu didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan, Camat setempat, Bunda Paud Kecamatan Baturiti dan Penebel, serta para pendidik dan tenaga kependidikan serta anak-anak TK Negeri Baturiti dan Tk Negeri Penebel.

Bagi Bunda Rai Sanjaya, dalam pendidikan anak usia dini, selain memberikan layanan pendidikan juga memberikan layanan kesehatan gizi, yang diterapkan melalui pemberian asupan gizi yang seimbang, guna membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Pemberian makan tambahan, merupakan program intervensi anak untuk mencukupi kebutuhan gizi serta kebutuhan zat gizi anak agar tercapainya status gizi dan kondisi gizi yang baik sesuai dengan umur anak. 

“Kegiatan pemberian PMT ini hanya sebagian kecil dari upaya pencegahan stunting, karena yang terbesar dan yang paling penting adalah perhatian orang tua dalam memberikan makanan bergizi kepada anak dalam setiap harinya” paparnya pagi itu. Kehadiran Bunda kebanggaan rakyat Tabanan tersebut, disambut dengan rasa ceria dan penuh antusias. Nampak anak-anak bersuka cita menyambut, bahkan memberikan pelukan hangat pada Bunda Rai. 

Di kesempatan itu, Bunda Rai juga menjelaskan maksud dan tujuannya dalam memberikan PMT dan APE di kedua TK tersebut.

“Upaya ini kami lakukan dengan harapan dapat menunjang tumbuh kembang anak yang tentunya bisa bermain sambil belajar secara sistematis dan juga mendukung kualitas proses belajar mengajar di dalam dan di luar kelas,” sambungnya.

Selain melepas rindu dengan anak-anak PAUD dan TK, pihaknya beserta jajaran saat itu sekaligus melihat fasilitas belajar anak, serta kualitas pendidikan yang diberikan di masing-masing TK. 

Selain sosialisasi terkait penurunan stunting yang senantiasa disuarakan, Srikandi Tabanan yang juga selaku ketua TP PKK Tabanan dan Bunda Literasi itu juga mendukung program-program-program Kadis Pendidikan, yang mampu meningkatkan minat membaca anak melalui perpustakaan. Serta pesannya untuk pelestarian maskot tari kebesaran Jayaning Singasana, agar terus ditampilkan dan dipopulerkan di kalangan masyarakat, terlebih dalam acara-acara besar dan seremonial yang akan dilangsungkan ke depan.  

Lebih lanjut, Bunda Rai memberikan apresiasi dan ungkapan terima kasih nya, kepada Pemerintah Kabupaten Tabanan, atas perhatian serta kerjasamanya sehingga pemberian PMT kepada anak-anak PAUD dan juga pemberian bantuan APE Kepada TK Negeri Di Kabupaten Tabanan dapat terwujud.

“Kami berharap sinergi dan perhatian ini akan selalu terbangun secara berkelanjutan untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Kabupaten Tabanan” tutupnya. 

Menanggapi Bunda Literasi, Ny. Rai Sanjaya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan, I Gusti Putu Ngurah Darma Utama saat itu menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Bunda PAUD Tabanan yang kala itu hadir secara langsung di TK-TK di Tabanan .

“Terima kasih setingginya kepada Bunda PAUD Tabanan, telah turun langsung dan memberikan perhatian lebih teruntuk dalam konteksitas program dan melihat secara langsung perkembangan generasi Tabanan dari usia tingkat dini” Jelasnya. 

Melalui program Merdeka Belajar, diharapkan mampu meningkatkan kualitas belajar yang menyenangkan dan segera bangkit pasca learning loss (penurunan pembelajaran) di masa Pandemi Covid-19.

“Dengan perhatian Bunda Paud, tentu kita harapkan bisa saling bersambut, dalam lembaga satuan pendidikan nanti juga bisa memberikan kontribusi, pemikiran, konsentrasi, perhatian dan saling bersinergi memadukan potensi, sehingga mewujudkan pendidikan Tabanan yang Unggul sesuai dengan Visi dan Misi Tabanan” paparnya lebih lanjut. ***

Komentar