Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Ciptakan Kenyamanan Pengunjung, Wisata Tanah Lot Tabanan Tata Ulang Area Parkir

Areal parkir DTW Tanah Lot Beraban Kediri Tabanan. (ist)

TABANAN – Obyek wisata Tanah Lot Tabanan melakukan upaya strategis dengan melakukan penataan ulang area parkir. Penataan sudah dilakukan pada pertengan bulan Agustus kemarin dengan tujuan memberikan kenyamanan kepada pengunjung maupun pemedek yang berkunjung.

Menurut Manajer Destinasi Tujuan Wisata (DTW) Tanah Lot Tabanan, I Wayan Sudiana memaparkan jika penataan sudah dilakukan sejak tanggal 12-19 Agustus 2023 kemarin, bertepatan dengan rangkaian acara Pujawali di destinasi budaya dan spiritual tersebut.

Selain memberikan kenyamanan kepada para pemdek, penataan lanjut Sudiana juga turut melibatkan pengempon atau pengemong Pura Luhur Tanah Lot Tabanan agar memberikan kelancaran arus lalu lintas bagi umat selama rangkaian pelaksanaan Pujawali.

“Dimulai sejak hari pertama rangkaian acara pujawali area Pelaba Pura yang mulanya digunakan untuk parkir kendaraan kini sudah ditata rapi untuk Pedestrian dan hal ini akan terus berlanjut bahkan setelah pujawali,” ungkap Sudiana, Selasa, 29 Agustus 2023.

Rangkaian Pujawali di Tanah Lot Tabanan kemarin berlangsung lancar dan aman, hal itu tidak terlepas dari upaya pihak manajemen yang turut serta mengerahkan tenaga karyawan untuk membantu mangatensi kelancaran giat Pujawali yang  berlangsung.

Petugas security dan petugas lifeguard dari manajemen juga dilibatkan untuk memantau keamanan dan lancarnya prosesi Pujawali.

Dihubungi secara terpisah, ketua Pengempon Pura Luhur tanah lot, Komang Dedy Sanjaya juga mengucapkan banyak terima kasih dan mengapresiasi manajemen DTW Tanah Lot atas sinergitasnya sejak dulu hingga sekarang dan sudah banyak melakukan inovasi yang positif untuk Pura Luhur Tanah Lot.

Selama Kegiatan Pujawali berlangsung pengunjung juga terlihat antusias, terbukti dengan banyaknya pengunjung yang datang mengabadikan prosesi tersebut dan juga berburu swafoto dengan latar belakang Pura tanah Lot dan deburan ombak yang menjadi daya tarik tersendiri.

Terkait keretakan di area Madya Mandala Pura Batubolong yang pernah diberitakan tempo hari, manajemen masih terus melakukan pemantauan dan pengukuran setiap hari dan hasilnya adalah lebar keretakan yang timbul masih stagnan. Pun saat gempa tadi malam pun tidak begitu berpengaruh terhadap retakan yang sudah ada.

Terlepas dari kegiatan Pujawali yang telah berjalan lancar manajemen Operasional DTW Tanah Lot juga mernecanakan akan menaikkan harga tiket masuk yang akaan diterapkan mulai awal tahun depan yakni, Senin, 1 Januari 2024.

Adapun penyesuaian tarif harga tiket tersebut adalah sebagai berikut :

Tiket Domestik :

- Anak-anak semula Rp15.000 menjadi Rp20.000

- Dewasa   semula Rp20.000 menjadi Rp30.000

Tiket Mancanegara :

- Anak-anak semula Rp30.000 menjadi Rp40.000

- Dewasa   semula Rp60.000 menjadi Rp75.000

Pihak manajemen DTW Tanah Lot menyebutkan jika penyesuaian tarif harga ticket tersebut merupakan langkah yang diperlukan untuk memastikan keberlanjutan pemeliharaan kawasan, upaya pelestarian, dan peningkatan layanan bagi pengunjung.

Kenaikan harga tiket baru tersebut  memungkinkan upaya pihak manajemen Tanah Lot untuk terus menawarkan standar fasilitas dan pengalaman yang lebih baik kepada pengunjung

“Kami memahami bahwa perubahan dalam harga tiket bisa menimbulkan pertanyaan, dan kami ingin meyakinkan para pengunjung bahwa keputusan ini diambil setelah pertimbangan yang matang. Manajemen Operasional DTW Tanah Lot berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik dan berkesan bagi semua yang datang untuk berwisata,“ imbuh Wayan Sudiana. ***

Komentar