Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Puluhan Peserta Meriahkan Grandfinal Pemilihan 'Jegeg Bagus' Karangasem 2018

Foto : Ist/Hms

KARANGASEM – Puluhan peserta jegeg bagus meriahkan malam grandfinal ‘Jegeg Bagus Karangasem 2018. Acara yang dirangkai dengan peringaan HUT Kota Amlapura ke 378 tersebut ditandai dengan pemukulan reong (kempul) oleh Sekda Karangasem, I Gde Adya Mulyadi di Lapangan Stadion Amlapura. Selasa (19/6) malam.

Usai pendftaran sejak 1 April lalu, sebanyak 70 pesera menyatakan kesiapannya ikut memeriahkan kegiatan tersebut. Para peserta merupakan siswa siswi SMA/SMK se-Kabupaten Karangasem dengan rincian, 30 (tiga puluh) peserta Bagus den 40 (empat puluh) peserta Jegeg.  Tahun 2018 ini merupakan capaian peserta terbanyak selama belangsungnya ajang Pemilihan Jegeg Bagus Karangasem sejak tahun 2007 lalu.

Didampingi Kadis Pariwisata Karangasem, Wayan Astika, Sekda Mulyadi memukul reong mewakili Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri. Nampak hadir Ketua DPRD Karangasem, I Nengah Sumardi, jajaran Staf Ahli Bupati, Kepala OPD terkait di Lingkungan pemerintah Kabupaten Karangasem dan sejumlah undangan lainnya.

Acara pemilihan Jegeg Bagus Karangasem tahun 2018 kali ini mengambil tema “Cultural Heritage Being Our Identity” yang mengandung makna betapa pentingnya peranan generasi muda dalam memahami keanekaragaman budaya sebagai identitas diri. Pembukaan juga dimeriahkan dengan hiburan seperti tarian Sekar Tunjung dan bondres Merthajaya.

“Tujuan pemilihan Jegeg Bagus Karangasem Tahun 2018 yakni mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dan kapasitas generasi muda Kabupaten Karangasem agar menjadi sosok atau figur yang kreatit, inovatif, ramah, percaya diri, berjati diri serta memilikl integritas dan wawasan yang baik tentang budaya dan pariwisata daerah,” ujar  Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem, I Wayan Astika yang juga selaku ketua di sela-sela acara.

Bupati Karangasem dalam sambutannya,  yang dibacakan Sekda Mulyadi,mengatakan menyambut baik serta mengapresiasi pelaksanaan ajang Pemilihan Jegeg Bagus Karangasem sebagai bagian dari upaya untuk membangun kapasitas dan peran generasi muda dalam mendukung keberhasilan pembangunan kepariwisataan daerah.

Menurutnya, generasi muda sebagai bagian dari masyarakat dengan kemampuan sumber daya yang dimiliki berupa kreatifltas dan pengetahuan, bukan hanya berperan sebagai tuan rumah (host) namun sekaligus memiliki kesempatan sebagai pelaku pengembangan kepariwisataan sesuai dengan kapasitas yang dimilikinya. 

Di samping itu, Pemilihan Jegeg Bagus merupakan upaya dalam pengembangan dan peningkatan kemampuan dan kapasitas generasi muda sehingga mampu menjadi mitra Pemerintah Daerah untuk turut serta meningkatkan citra pariwisata daerah melalui kiprah, aktifitas, dan kreatifitas yang dilakukannya sebagai Duta Pariwisata yang smart, charming, serta hospitable. 

" Saya berharap para Finalis Pemilihan Jegeg Bagus Karangasem 2018 agar menjadikan ajang ini sebagai upaya untuk meningkatkan peran serta generasi muda pada umumnya serta diri pribadi pada khususnya sebagai duta dan penggerak pembangunan di daerah dalam upaya meningkatkan citra kepariwisataan Kabupaten Karangasem melalui semangat dan nilai-nilai yang dimiliki oleh Bali atau “The Spirit of Bali” menuju Karangasem bangkit dan bermartabat," ujarnya. (*/Oke)

Komentar