Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Gema Tabanan Bersholawat Dengungkan Harmoni Kebangsaan dan Perdamaian Umat

Foto : Ist/Hms

TABANAN – Ribuan umat muslim dari berbagai penjuru memadati lokasi Tabanan Harmoni Bersholawat yang digelar di Lapangan Ali Saputra, Dangin Carik, Tabanan. Sambil memanjatkan sholawat dan puji syukur, umat sekaligus mendengungkan harmoni kebangsaan dan perdamain antar sesama menuju lebih “ajegnya” Indonesia.

Selain ribuan umat muslim, nampak pula warga non muslim di lokasi. Sabtu Malam (20/01/2019). Meski berbeda namun suasana menyatu dalam kebersamaan di tengah keragaman suku, agama dan ras yang sekaligus merupakan cerminan Bangsa Indonesia.

Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti selaku tuan rumah nampak begitu antusias dan meyambut baik terselenggaranya gema perdamaian yang dikemas dalam  Tabanan Harmoni Bersholawat yang diinisiasi oleh Pemkab Tabanan dan umat muslim di Tabanan tersebut.

Kepada para undangan dan ribuan umat yang memedati lapangan, Bupati perempuan pertama di Bali ini berharap kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi semua masyarakat baik di Bali dan di Indonesia  dalam menjaga Nusa dan Bangsa dengan memegang teguh nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.

“Ini bisa menjadi contoh bagi kita semua, bagaimana kita menjaga Nusa dan Bangsa, bagaimana kecintaan kita dan membumikan Pancasila, karena Indonesia adalah Negara Besar, Negara yang mempunyai umat yang luar biasa, yang mencintai Bangsanya dan membuat Indonesia akan maju, sejahtera, adil dan makmur,” kata Eka.  

Dalam sambutannya, Eka juga mengajak seluruh umat yang hadir untuk selalu mengucap syukur dan selalu berdoa untuk Bangsa dan Negara agar terus damai dalam keberagaman, menghormati seluruh Pemimpin dan tokoh-tokoh, dan diberikan senantias kesehatan, serta selalu dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa.

“Semoga  kita semua yang hadir selalu diberikan kesehatan dan diberkahi keimanan, kebahagian dan kedamaiaan oleh Beliau. Saya ucapkan terimakasih. Puji syukur, mudah-mudahan dengan Doa Shalawat ini, bisa mendoakan dan mendamaikan kita semua,” tambahnya.

Dalam rangkuman sambutannya, Bupati Eka juga menegaskan bahwa dengan didengungkannya “Deklarasi Kebhineka Tunggal Ika” sebelum acara dimulai menujukkan bahwa Tabanan akan selalu tetap solid dan merupakan salah satu Kabupaten yang harmonis baik dalam beragama dan berbangsa sehingga harmoni bagi semua umat.

Tak lupa dia juga menyebutkan selamat datang dan berharap para hadirin diberikan Ridho dari Sang Pencipta dan berharap selalu bisa menjaga Tabanan dan Bali bahkan Indonesia dengan cerminan hidup rukun dengan mengedenkan kasih  sayang, dan saling menghormati, menjaga apapun itu warnanya, karena di mata Tuhan, tidak ada yang berbeda dan semua  semuanya adalah sama.

Tak lupa, Eka juga juga mengucapkan selamat datang kepada Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf yang datang memberikan wejangan-wejangan kepada umat dengan harapan menjadi hari yang penuh berkah, penuh kebahagian bagi seluruh umat yang hadir.

“Sekali lagi Saya ucapkan syukur, karena bisa bertemu dengan Habib syech. Ini adalah berkah bagi kami, bagi umat muslim di Tabanan dan di Bali khususnya. Karena hari ini adalah hari yang berbahagia sekaligus bersejarah, karena Tabanan adalah salah saatu Kota/Kabupaten yang mendapatkan harmony award kerukunan umat se - Indonesia. Dan karena itulah kami ingin memberikan contoh bahwa Tabanan itu cinta damai, Tabanan itu umatnya rukun dan saling menyayangi,” urainya.

Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf yang hadir selaku penceramah dalam sambutanya kemarin memuji ketulusan hati dan keramahan Bupati Eka dan Masyarakat Tabanan yang luar biasa dan mengajak semua pihak yang hadir untuk berdoa bersama.

“Saya yakin, inilah kebersamaan, inilah kedamaiaaan. Kita bersama dengan saudara-saudara kita dari Hindu, Budha, Kristiani, semua kumpul bersama muslimin, sama-sama dengan niat dan tujuannya yang sama untuk menjadikan Bumi Pertiwi yang kita cintai ini , Bumi yang dirhidoi Allah, Bumi yang penuh dengan kehikmatan, penuh dengan kedamaiaan, penuh dengan ketenangan dan ketentraman,” terangnya.

Habib juga menegaskan bahwa kita dapat bersatu dalam keadaan sesulit apapun, karena sudah merupakan tugas kita untuk menciptakan suasana yang damai, suasana yang indah, suasana yang penuh dengan kasih sayang dan kecintaan untuk mewujudkan Bumi menjadi Bumi yang Damai dan Harmonis.

Dalam kesempaan itu, Habib juga menyerukan agar seluruh umat yang hadir dan seluruh elemen lainnya, mulai dari Pemimpin Bangsa dari Pusat hingga Daerah, TNI, Polri dan lainnya, untuk bersama mendoakan semua para pemimpin Bangsa agar mendapat lindungan dari Allah SWT sehingga  dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik, dengan sempurna dan dirhidoi oleh Allah Subhanahu Wa Ta”ala serta mampu menjalankan semua bentuk amanat dan selalu dilindungi dari berbagai macam bencana dan musibah.

“Dan tidak lupa juga kita doakan kepada seluruh umat  yang hadir  dengan tujuan untuk mencari kasih sayang dari Allah. Siapa yang menyayangi sesama, dia akan disayangi oleh Allah. Bahagiakan siapapun yang ada di sekitar kita. Ini yang kita harapkan untuk seluruh Bangsa Indonesia,” tegas Habib Syech.

Wakil Gubernur Bali, Cok Ace dan Ketua MPR RI, Ahmad Basharah juga menujukkan apresiasi atas terselenggarannya kegiatan Tabanan Harmoni Bersholawat tersebut. Cok Ace dalam kesempatan itu mengucapkan selamat datang kepada Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf dan seluruh Umat yang hadir.

Ahmad Basarah juga mengungkapkan bahwa alasan dirinya hadi di Tabanan adalah untuk memberikan dukungan moril kepada Bupati Tabanan yang telah mendapatkan harmony Award  terhadap Kota Tabanan ini.

Kepada hadirin, Basharah menyebutkan, bahwa penghargaan yang diberikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia sebagai Kota Harmoni terhadap Tabanan merupakan langkah yang tepat sebab malam itu Tabanan telah menunjukkan indahnya hidup di Negeri Pancasila ini dengan keberagaman agama, suku dan ras.

“Marilah kita bershalawat, berdoa dan berzikir dipimpin oleh Habib kita Habib Syech, semoga Bangsa Indonesia senantiasa mendapatkan perlindungan, mendapatkan kekuatan, mendapatkan ketabahan, untuk menuju kepada kejayaannya,” tutup Basarah. 

Selain tokoh nasional, nampak pula hadir sejumlah tokoh lainnya diantaranya, Ketua DPRD Bali, N. Adi Wiryatama, Bupati Badung, Giri Prasta, Bupati Banyuwangi, Abdullah Aswar Anas, Ketua DPRD Tabanan, I Ketut Suryadi, FKPD Tabanan, Sekkab Tabanan, I Nyoman Wirna Ariwangsa, dan sejumlah tokoh lainnya.

Sebelum acara dimulai, nampak ragam kesenian ditampilkan seperti kesenian Okokan, Tarian Maskot Kabupaten Tabanan, yakni Tari Bungan Sandat Serasi, Tarian Kebangsaan Tabanan Harmoni dan Shalawat oleh umat Muslimin yang memadati Lapangan Alit Saputra. (*/Cia)

Komentar