Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Putri Koster Gencarkan Pelestarian Tenun Lokal Bali

Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Ny. Putri Koster menjelaskan hasil tenunan lokal Bali kepada Menteri UMKM, Teten Masduki di sela-sela peninjauan pameran the 17th INDOCRAFT 2020 di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center, Rabu (11/3). (Ist)

JAKARTA – Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Ny. Putri Koster terus menggencarkan upaya pelestarian tenun lokal Bali ditengah serbuan tenun hasil tehnologi printing. Upaya ini dilakukan dengan   mensosialisasikan keberadaan dan kualitas tenun Bali di ajang the 17th INDOCRAFT 2020 di Jakarta.

Dalam kesempatan  mnghadiri peresmian dan pembukaan the 17th INDOCRAFT 2020 di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center, Rabu (11/3), Putri Koster mengaku saat ini sedang gencar mengkampanyekan pelestarian tenun lokal Bali.  

Tenun lokal Bali merupakan warisan nenek moyang dan saat ini telah diserang teknologi printing yang membuat tenun asli bersaing ketat di pasaran.

“Kami saat ini sedang gencar mengkampanyekan pelestarian tenun lokal Bali karena merupakan warisan nenek moyang dan saat ini tengah diserang oleh teknologi printing,” ujar Putri menjelaskan kepada Menteri UMKM, Teten Masduki di sela-sela peninjauan pameran.

Hal itu tegasnya menimbulkan berbagai dampak, salah satunya  yakni semakin banyaknya penenun Bali yang beralih pekerjaan menjadi pegawai pada tenun printing, atau banyaknya penjual yang lebih memilih menjual tenun printing.

“Harga lebih murah dibandingkan menjual tenun asli yang harganya lebih mahal. Jika hal tersebut dibiarkan berlarut-larut,  maka kami khawatir tenun Bali akan punah,” tambahnya.

Putri berharap lewat ajang pameran kali ini, Pemprov Bali bisa mensosialisasikan keberadaan dan kualitas tenun Bali. Di samping itu, pihaknya akan semakin gencar melakukan sosialisasi di Bali agar masyarakat semakin sadar untuk memilih barang yang memiliki warisan budaya yang adiluhung.

Selain Menteri Koperasi & UMKM Teten Masduki, turut hadir pula dalam kesempatan tersebut  Ketua Dekranasda DKI Jakarta, Ny Fery Farhati Baswedan, Amasador Venezuela, Kadin Indonesia dan undangan lain yang terkait.

Pemeran INDOCRAFT ke- 17 dibuka resmi oleh Menteri Koperasi UMKM Teten Masduki. Ia menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia akan terus mendorong UMKM untuk tetap bergairah dalam meningkatkan produksi kerajinan.

Sehingga dengan adanya gaya baru dalam perindustrian dengan tetap melestarikan budaya yang sudah ada, maka diharapkan akan dapat menarik minat masyarakat untuk tetap memilih produk-produk UMKM.

“Terus gali  potensi dan kembangkan warisan budaya yang adiluhung sehingga tetap lestari,” pesan Teten Masduki. (Cia)

Komentar