Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tumpek Landep, Pemkab Karangasem Laksanakan Persembahyangan Bersama di Pura Luhur Andakasa

Wabup Karangasem, i Wayan Artha Dipa (ist)

KARANGASEM - Bupati Karangasem bersama Wakil Bupati Karangasem, Ketua DPRD Kabupaten Karangasem, Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem, dan jajaran pemerintah Kabupaten Karangasem hadir dan melaksanakan persembahyangan di Pura Luhur Andakasa, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem serangkaian pelaksanaan Jana Kertih di Karangasem, Sabtu (9/4).

Dalam kesempatan ini, Bupati Karangasem mengatakan Tumpek Landep adalah hari raya untuk mengupacarai benda-benda tajam salah satunya adalah senjata tajam. Oleh karena itu, Jana Kertih dilaksanakan pada saat Tumpek Landep dengan tujuan kita sebagai manusia bisa menajamkan diri dari segi kualitas sehingga bisa menyeimbangkan kesejatian diri dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

"Pelaksanaan Jana Kertih di Karangasem saat hari raya Tumpek Landep didasari pada landasan filosofi dari Tumpek Landep itu sendiri yaitu untuk mempasupati benda tajam, dalam hal ini adalah pikiran manusia,” ujar Gede Dana sembari menyebutkan, rangkaian pelaksanaan Jana Kerti di Hari Raya Tumpek Landep juga diisi dengan kegiatan bersih-bersih di Areal Pura Agung Besakih pada Jumat 8 April 2022 lalu dan akan digelar pameran keris serta sarasehan tentang Tumpek Landep pada 9 April 2022 bertempat di Wantilan Kantor Bupati Karangasem.

Dilain sisi, Wabup Artha Dipa juga menyampaikan, bahwa makna Upacara Tumpek Landep adalah bukan semata mata hanya berupacara fisik kepada benda tajam. Namun lebih dari itu,  untuk mensyukuri ketajaman pikiran yang dapat mensejahterakan manusia dalam hal membersihkan pikiran yg disimboliskan dengan penyucian senjata.

“Itu di Pasupati (dihidupkan) supaya memberikan kekuatan ketajaman pikirian, ketajaman tindakan, perilaku serta ketajaman pengetahuan,” imbuhnya. (Tim/LB1)

Komentar