Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Hadiri Peringatan Upacara Hari Pahlawan 2023, Pemkab Tabanan Serukan Semangat Juang Pahlawan Bagi Generasi Muda

Bupati Tabanan diwakili oleh Sekda I Gede Susila, mengikuti rangkaian upacara peringatan Hari Pahlawan yang mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan” yang berlangsung di lapangan Wagimin Tabanan, Jumat (10/11). (IST)

TABANAN – Teruskan semangat pahlawan dalam perjuangan membangun Indonesia khususnya Tabanan, Bupati Tabanan diwakili oleh Sekda I Gede Susila, mengikuti rangkaian upacara peringatan Hari Pahlawan yang mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan” yang berlangsung di lapangan Wagimin Tabanan, Jumat (10/11).

Dalam upacara yang berlangsung khidmat tersebut, dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Tabanan, Putu Gde Novyartha, diikuti oleh Komandan Rindam IX/Udayana, Jajaran Forkopimda, Ida Cokorda Anglurah Tabanan, Para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, Para Kepala Bagian di lingkungan Setda, Kepala Instansi Vertikal, Camat, Perbekel dan Bendesa Adat Se-Kabupaten Tabanan.

Dalam peringatan Hari Pahlawan tersebut, Gde Novyartha selaku inspektur upacara, sampaikan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini, di mana, tema yang diangkat tahun ini telah melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Di mana, Indonesia merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak Sumber Daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

“Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara.”, ujarnya. Pihaknya juga menekankan bahwa ancaman dan tantangan ini akan ditaklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. ”tidak mudah memang, tapi pasti bisa” tegasnya.

Baginya semangat yang berasal dari nilai perjuangan pahlawan bangsa di tahun 1945. Semangat yang membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan. “Oleh karenanya, perwujudan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur, serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa , mewujudkan masa depan yang lebih baik.”, ujarnya lebih lanjut.

Di kesempatan itu, Sekda Susila sampaikan pesan kepada masyarakat Tabanan, untuk selalu semangat, gotong-royong dan tingkatkan kekompakan dalam membangun Tabanan. “Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Tabanan sampaikan Selamat Hari Pahlawan Tahun 2023, kita panjatkan doa bagi para pahlawan yang telah gugur dalam membela bangsa Indonesia, dan mudah-mudahan peringatan ini juga bisa menjadi penyemangat bagi kita untuk terus membangun bangsa terutama membangun Tabanan mewujudkan Visi Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani” Sebutnya saat itu. ***

Komentar