Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Perumda Tirta Amertha Buana Tabanan Mutakhirkan Data Pelanggan, Simak Manfaatnya!

Perumda TAB Tabanan saat menjelaskan kepada pelanggan terkait program pemutakhiran data pelanggan. (ist)

TABANAN - Perumda Tirta Amertha Buana (Perumda TAB) Kabupaten Tabanan mulai melakukan pemutakhirkan data pelanggan yang tersebar di seluruh Kabupaten Tabanan.

Pemutakhiran data pelanggan itu sudah dilakukan sejak awal bulan Juli 2024 dan masih akan berlangsung  hingga 30 November 2024 mendatang, atau  hingga kebutuhan pemutakhiran akan data pelanggan tercapai secara menyeluruh.

Kasubag Humas Perumda TAB Tabanan, I Wayan Agus Suanjaya menjelaskan, upaya pemutakhiran data pelanggan memiliki sejumlah tujuan dan manfaat demi kepuasan para pelanggan umumnya.

“Pemutahkhiran akan data pelanggan bertujuan untuk semakin memudahkan para pelanggan di kemudian hari,” ungkapnya, Selasa, 2 Juni 2024.

Agus menerangkan, program pemutakhiran data pelanggan dilakukan untuk penyempurnaan Geographic Information System (GIS) dan pembaharuan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) pelanggan serta Nomor Handphone pelanggan.

Termasuk untuk melengkapi data yang akurat meliputi alamat, nomor Handphone (HP), NIK pelanggan, foto pelangggan disertai berita acara pemutakhiran data, foto depan rumah beserta koordinat seluruh pelanggan.

“Geographic Information System (GIS) atau Sistem Informasi Geografis adalah penentuan titik koordinat sambungan pelanggan dan jaringan perpipaan. Sedangkan pembaharuan data NIK dilakukan untuk memastikan kepemilikan sambungan pelanggan,” terang Agus.

Sejumlah manfaat akan diperoleh pelanggan jika akurasi data pelanggan sudah dilakuakn termasuk jika pelanggan berkesempatan akan melakukan balik nama tanpa dipungut biaya sepeserpun apabila telah berganti kepemilikan.

Begitu pula dengan pembaharuan nomor handphone, sebab dengan data nomor handphone pelanggan terbaru akan semakin mempermudah pelanggan untuk mendapatkan informasi mengenai gangguan pelayanan, perbaikan, tagihan hingga promosi.

Adapun metode penghimpunan data yang dilakukan adalah petugas Perumda Tirta Amertha Buana Kabupaten Tabanan akan datang langsung ke lokasi pelanggan untuk melakukan pendataan. Pastikan petugas yang datang dilengkapi dengan tanda pengenal perusahaan dan surat tugas ya.

“Dan yang paling penting, program Pemutakhiran Data Pelanggan ini tidak dipungut biaya,” jelasnya.

Bersamaan dengan hal tersebut, Perumda TAB terus berupaya memperluas cakupan pelayanan. Sehingga pengembang kawasan perumahan tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan layanan Perumda TAB karena Perumda TAB siap melayani.

Apalagi per Januari 2024, biaya sambungan air minum baru mengalami penyesuaian yakni Rp1.950.000 (biaya standar). Sedangkan sebelumnya biaya standar sambungan air minum baru Rp2.773.585. Untuk jumlah pelanggan per Juni 2024 adalah 65.173 SR. ***

Komentar